Perfect Your Journey

Laju Prima

Memiliki nama besar di dunia bus pariwisata dan antar jemput karyawan, tak berarti mudah masuk ke jalur bus trayek antar kota antar propinsi. Jatuh bangun harus dirasakan PO Laju Prima, salah satu sayap bisnis Hiba Utama Grup di jalur antar kota. Diperlukan waktu dua tahun untuk menarik perhatian pelanggan. Sebelum mencoba masuk ke trayek bus malam, PO Laju Prima mencari jalur yang mudah yakni trayek jarak dekat di seputar Jakarta.

Akhir tahun 1990-an, pimpinan Hiba Utama mencoba mengembangkan usaha transportasi bus yang sudah berdiri sejak 1949. Pilihannya mengembangkan usaha pada jalur bus antar kota. Ada PO Laju Utama, PO Laju Prima dan PO Bela Utama yang menjadi perintis jalur antar kota.

Bermodalkan armada milik Hiba Utama Pariwisata, PO Laju Prima mulai melayani rute Merak-Bandung dan Merak-Kampung Rambutan di tahun 2002. Langkah ini diambil menyusul pembukaan jalur Sukabumi-Pulogadung di tahun 2000 menunjukkan respon positif. Cara ini cukup strategis, dengan jarak tempuh yang dekat, dan armada warisan perusahaan induk, modal yang dikeluarkan relatif murah untuk sebuah insvestasi awal. Kematangan manajemen Hiba Utama mengelola anak usahanya terlihat dalam mengelola bus bertrayek antar kota. Dengan jarak yang pendek, mereka bisa mengoperasikan berapapun armada yang dibutuhkan, karena relatif mudah dikelola.

Untuk bus bertrayek jauh, pihak PO Laju Prima menerapkan strategi berbeda. Meski bisa menggelontorkan armada dalam jumlah besar di satu trayek, memilih melihat respon pelanggan di jalur yang dilayani. Kegagalan pernah dialami saat trayek Jakarta-Padang dan Jakarta-Palembang baru dibuka pada tahun 2002. Tak sampai setahun akhirnya rute tersebut ditutup akibat terhantam tarif pesawat murah. Jalur ke Jawa Tengah dan Jawa Timur yang dirintis juga terhitung jatuh bangun. Akibatnya, armada yang sudah terlanjur dialokasikan harus dipindahkan ke trayek lain yang masih memiliki peluang.

Penambahan armada juga dilakukan dengan mempertimbangkan permintaan dari pelanggan. Kejelian melihat peluang juga menjadi modal tersendiri. Trayek Bandung-Jambi misalnya, dipilih mengganti Jakarta-Padang karena angkutan bus relatif bisa bersaing khususnya dari sisi tarif. Kini setelah lebih dari sepuluh tahun beroperasi, PO Laju Prima melayani sedikitnya 30 trayek dengan jumlah armada yang dimiliki lebih dari 100 unit bus.

Laju Prima melayani rute satu arah dari Jakarta ke Kartasura, Jakarta ke Wonogiri, Jakarta ke Ponorogo dan Jakarta ke Jambi.

#tiketbusJakartaKartasura #tiketbusJakartaWonogiri

#tiketbusJakartaPonorogo #tiketbusJakartaJambi

-

Jl Raya Bekasi Timur KM 17, Klender-Jakarta Timur 13250
Tel: (021) 5316 0440|0812 1260 3451
Fax:

Bus Schedule

From From Sub Place To To Sub Place Depart Time Currency Price
* Only 0.01% trips slightly higher than counter price. ** Only applicable for transactions without the use of discount code and trips offered by certain companies. *** For certain trips only, discount already reflected in the ticket price itself (i.e. lower price than bus counters). **** Bus pictures are for reference only.